Paspor, ehh gimana sih nulisnya paspor atau pasport ๐ ya itulah pokoknya, suatu benda yang mesti kita bawa saat akan bepergian keluar negeri.
Kali ini ceritanya ada tugas dari kantor mau diajak ke luar negeri, ada calon customer baru gitu, yahh karena itu mau gak mau musti ngurus bikin paspor. Bikinnya gak ribet koq untuk PASPOR BARU, tahapannya kayak gini, ehh saya bikinnya di kantor imigrasi yogyakarta ya, samping bandara pas, jadi kalo mau bikin paspor gak harus ke kantor imigrasi sesuai tempat lahir lho, bebas.
Pertama :
Siapin berkas berkas berikut :
- KK
- Akte kelahiran atau buku nikah atau ijazah
- KTP
- Surat pernyataan tempat kerja
Gua jelasin satu satu, jadi dokumen2 tersebut musti dibawa dan di fotokopi masing2 1 lembar dan ASLI nya juga HARUS dibawa.
KK udah jelas ya, buat nunjukin posisi elu dalam keluarga, disini musti ada tanda tangan kepala keluarga nya yah.
Akte, nah kalo saya termasuk orang yang gak punya akte lahir, dan termasuk orang yang belum nikah (gak usah ketawa ๐) so, saya pake ijazah, awalnya bawa ijazah S1 ternyata gak bisa dipakai karena disitu tidak tercantum nama bapak, akhirnya pake ijazah SMA.
KTP, kartu sakti ini musti dan wajib selalu diikutkan dalam pembuatan dokumen apapun, you know lah identitas diri.
Surat pernyataan tempat kerja, surat ini dipakai jika kalian keluar negeri dalam rangka "tugas negara" haha, maksutnya klo pergi karena instansi misal kantor atau kampus musti ada surat pwrnyatan bahwa benar kalian sekolah atau bekerja di instansi tersebut.
Nahh klo berkas2 tersbut sudah siap jangan bergegas ke kantor imigrasi dulu, tapi ambil nomor antrian dulu, kalian bisa daftar lewat web berikut atau download aplikasi antrian paspor, tapi saya lebih sarankan via web karena aplikasi mobilenya super super payaaaah, payah nya kayak gimana coba sendiri deh,
https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan/
Nahh gambar diatas kalo kalian sukses registrasi di webnya, saya sarankan lagi login pake akun google, kalian bisa search kantor imigrasinya, lalu klik buat permohonan untuk dapat nomor antrian.
Nomor antrian berupa barcode tersebut langsung screenshot saja, karena kadang web imigrasi tersebut down sehingga gagal login.
Oh iya pelayanan kantor imigrasi hanya senin sampai jumat, dan reset nomor antrian dilakukan saat hari minggu, jadi silahkan membuat antrian di minggu malam karena ketika hari selasa atau rabu antrian biasanya sudah full sehingga musti nunggu minggu depannya.
Kali ini ceritanya ada tugas dari kantor mau diajak ke luar negeri, ada calon customer baru gitu, yahh karena itu mau gak mau musti ngurus bikin paspor. Bikinnya gak ribet koq untuk PASPOR BARU, tahapannya kayak gini, ehh saya bikinnya di kantor imigrasi yogyakarta ya, samping bandara pas, jadi kalo mau bikin paspor gak harus ke kantor imigrasi sesuai tempat lahir lho, bebas.
Pertama :
Siapin berkas berkas berikut :
- KK
- Akte kelahiran atau buku nikah atau ijazah
- KTP
- Surat pernyataan tempat kerja
Gua jelasin satu satu, jadi dokumen2 tersebut musti dibawa dan di fotokopi masing2 1 lembar dan ASLI nya juga HARUS dibawa.
KK udah jelas ya, buat nunjukin posisi elu dalam keluarga, disini musti ada tanda tangan kepala keluarga nya yah.
Akte, nah kalo saya termasuk orang yang gak punya akte lahir, dan termasuk orang yang belum nikah (gak usah ketawa ๐) so, saya pake ijazah, awalnya bawa ijazah S1 ternyata gak bisa dipakai karena disitu tidak tercantum nama bapak, akhirnya pake ijazah SMA.
KTP, kartu sakti ini musti dan wajib selalu diikutkan dalam pembuatan dokumen apapun, you know lah identitas diri.
Surat pernyataan tempat kerja, surat ini dipakai jika kalian keluar negeri dalam rangka "tugas negara" haha, maksutnya klo pergi karena instansi misal kantor atau kampus musti ada surat pwrnyatan bahwa benar kalian sekolah atau bekerja di instansi tersebut.
Nahh klo berkas2 tersbut sudah siap jangan bergegas ke kantor imigrasi dulu, tapi ambil nomor antrian dulu, kalian bisa daftar lewat web berikut atau download aplikasi antrian paspor, tapi saya lebih sarankan via web karena aplikasi mobilenya super super payaaaah, payah nya kayak gimana coba sendiri deh,
https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan/
Nahh gambar diatas kalo kalian sukses registrasi di webnya, saya sarankan lagi login pake akun google, kalian bisa search kantor imigrasinya, lalu klik buat permohonan untuk dapat nomor antrian.
Nomor antrian berupa barcode tersebut langsung screenshot saja, karena kadang web imigrasi tersebut down sehingga gagal login.
Oh iya pelayanan kantor imigrasi hanya senin sampai jumat, dan reset nomor antrian dilakukan saat hari minggu, jadi silahkan membuat antrian di minggu malam karena ketika hari selasa atau rabu antrian biasanya sudah full sehingga musti nunggu minggu depannya.
- Nahh berkas oke, antrian oke, datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal di antrian ya, tunjukin ke petugas barcode tersebut, kemudian akan dikasih berkas untuk di isi data data pribadi. Bersambung......
Komentar
Posting Komentar